JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pemikiran dan Inovasi Pendidikan Islam Menurut Abu al-Hasan ‘Ali bin Muhammad bin Khalaf al-Mu’afiri al-Qabisi

Siyami, Fitri (Unknown)
Bachmid, Mardiah (Unknown)
Nur, Indria (Unknown)
S, Sukman (Unknown)
Huzain, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi gagasan pemikiran Al-Qabisi tentang kepeduliannya terhadap pendidikan anak. Al-Qabisi sendiri adalah salah seorang tokoh muslim klasik yang memiliki pengaruh besar dalam perubahan pendidikan dan pembelajaran khususnya dalam bidang agama Islam. Secara khusus, Al-Qabisi membicarakan terkait dengan pendidikan dan pembelajaran terhadap anak-anak, dengan berorientasi kepada lembaga pendidikan. Pemikiran atau hasil pandangannya adalah lebih menjurus kepada konsep pendidikan anak, maklumat pendidikan, objektif, amalan penilaian, pujian, denda, metode, model pembelajaran dan teknik pengajaran serta perbahasan tentang falsafah dalam pendidikan Islam. Kajian ini merupakan kajian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui penulisan ilmiah seperti buku, jurnal, ensiklopedia dan lain-lain yang digunakan sebagai analisis dokumen bagi membantu melengkapi hasil kajian. Sedangkan hasil kajian ini, mendapati adanya dua bagian kurikulum yang dibawa oleh al-Qabisi yaitu kurikulum ijbari dan kurikulum ikhtiyari. Pendidikan agama dan akhlak mulia sangat penting untuk menjamin

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...