JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Bahan Ajar Puisi Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Melayu Deli pada Siswa Kelas VII SMP Tahun Pembelajaran 2023-2024

Monica , Sella Mitha (Unknown)
Kusyani, Diah (Unknown)
Muliatik, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran puisi rakyat berbasis kearifan lokal Melayu Deli dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di 4 sekolah SMP/MTs dan 12 guru Bahasa Indonesia dengan klasifikasi 3 guru Bahasa Indonesia dari SMP Al Washliyah 8 Medan sebagai data primer dan 9 guru Bahasa Indonesia sebagai data pendukung/sekunder. Adapun tahapan-tahapan pada pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, dan penilaian kelayakan modul pembelajaran. Pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis data deskriptif kuantitatif yang kemudian dikonversikan ke data kualitatif menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, modul pembelajaran ini memperoleh nilai 90 dengan rerata 4,5 dan berkategori “Baik”. Sementara hasil validasi ahli media memperoleh nilai 89.3 dengan rerata 4,4 dan berkategori “Baik”. Pada hasil penilaian guru yang berjumlah 12 guru Bahasa Indonesia memperoleh nilai 88 dengan nilai rerata 4,4 dan berkategori "Baik". Modul pembelajaran puisi rakyat berbasis kearifan lokal Melayu Deli layak digunakan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...