Literasi matematika merupakan keterampilan penting yang memengaruhi pemahaman dan kinerja siswa dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan literasi matematika adalah penerapan soal cerita. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi penerapan soal cerita sebagai upaya meningkatkan literasi anak terhadap mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan soal cerita secara terintegrasi dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep matematika, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan merangsang pemikiran kreatif mereka. Selain itu, penerapan soal cerita juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta membantu mereka untuk mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya guru dalam merancang dan menyajikan soal cerita yang relevan dan menarik, serta memberikan dukungan yang memadai bagi siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah matematika secara kontekstual. Kesimpulannya, penerapan soal cerita dalam pembelajaran matematika dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan literasi matematika siswa di berbagai tingkatan pendidikan.
Copyrights © 2024