JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Perbandingan Penguasaan Konsep Biologi Berdasarkan Tingkat Kelas pada Siswa SMP Swasta di Kota Malang

Iqbal Sauqi (Universitas Trunojoyo Madura)
Priyono Trio Febrianto (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Pembelajaran biologi hendaknya tidak lagi terlalu berpusat pada guru melainkan harus lebih berorientasi pada siswa. Penguasaan konsep siswa dapat diartikan sebagai suatu hasil pemikiran kognitif siswa melalui kegiatan atau proses belajar, sehingga dapat disebut sebagai hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep biologi siswa SMP Swasta di Kota Malang berdasarkan hasil belajar kognitif. Pengukuran keterampilan penguasaan konsep menggunakan asesmen hasil belajar kognitif, analisis data penelitian ini menggunakan one-way ANOVA dengan level signifikan 5%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan konsep biologi siswa SMP Swasta berdasarkan hasil belajar kognitif. Selain itu, data penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa SMP baik dari kelas VII, VIII, dan IX masih terbilang kurang optimal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan konsep dasar biologi berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, guru diharapkan mampu mengenali karakteristik setiap siswa sehingga dapat menerapkan model dan strategi pembelajaran yang tepat pada setiap mata pelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep dasar biologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...