JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Tinjauan Aplikasi Perencanaan dan Evaluasi Program Germas: Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Dewi Agustina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sri Rahayu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Savina Talitha Jasmine (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Widya Sabila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Selvia Ramadani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Untuk menurunkan faktor risiko utama penyakit menular, penyakit tidak menular, angka kematian ibu, angka kematian bayi dan stunting, baik faktor biologis, perilaku, maupun lingkungan, maka perlu dilakukan gerakan masyarakat hidup sehat. Perwujudan dari program GERMAS ini salah satunya Puskesmas sebagai fasilitas layanan kesehatan primer melakukan kampanye agar masyarakat dapat memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dalam pelaksaanan penerapan program germas ini sendiri dapat dibedakan menjadi 4, yaitu; 1) Penerapan germas pada responden berdasarkan jenis kelamin, 2) Penerapan Germas pada responden berdasarkan usia, 3) Penerapan Germas pada responden berdasarkan pekerjaan, dan 4) Penerapan Germas pada responden berdasarkan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk studi literatur bagaimana Pengaruh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terhadap faktor Kesehatan Masyarakat. Kesimpulannya diharapkan bahwa masyarakat dapat menerapkan program germas dipengaruhi oleh motivasi dari luar dan dalam diri sendiri, kesadaran berperilaku dan pendapatan dalam keluarga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...