JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pelajaran IPS

Sudirman, Sudirman (Unknown)
Sulistyaningsih, Dewi Ayu (Unknown)
Kurnianto, Ahmad (Unknown)
Ananta, Andes Tyas (Unknown)
Kurniati, Ayu (Unknown)
Mellenia, Clara Anggun (Unknown)
Putri, Dona Anisah (Unknown)
Hidayat, Doni Alfalatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Desain penelitian disusun berdasarkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 48% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 58,88, sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan sebesar 71%. Dari hasil yang telah didapatkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahan Sosial (IPS).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...