JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pentingnya Pengembangan Keterampilan Fisik pada Anak-Anak Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar

Divaliya Nafisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Haifa Hafsah Tsalisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Iis Siti Nurbaiti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Zahra Aulia Yusuf (Universitas Pendidikan Indonesia)
Zahra Imelda Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi pada pengembangan individu melalui media aktivitas fisik gerakan alami manusia. Tujuan dari artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD. PJOK ini tidak hanya menunjukan tentang keterampilan gerak dan kesehatan jasmani saja, namun peserta didik dituntut untuk mampu berpikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi, perubahan yang paling menonjol dalam kurikulum pendidikan jasmani, dalam pembelajaran jasmani tidak hanya melibatkan perlengkapan olahraga saja, namun sumber belajar yang berasal dari kemasan teknologi modern perlu diberikan. Sehingga PJOK harus disusun agar menghasilkan siswa yang memiliki kesehatan dan keterampilan yang baik. Selain itu juga diperlukan guru PJOK yang profesional untuk memahami dan mengimplementasikan kurikulum PJOK. Pada penulisan artikel ini, menggunakan metode literatur. Metode literatur mencakup peninjauan berbagai sumber akademik, jurnal, buku, dan dokumen kurikulum yang relevan untuk mengidentifikasi informasi tentang kurikulum PJOK dan implementasinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...