JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Inovasi dan Tujuan Pembelajaran di PAUD : Implementasi Kurikulum Anak Usia Dini dengan Pendekatan Montessori

Salwa, Auliya Nabilah (Unknown)
Anjani, Haike Syehri (Unknown)
Nabilla, Ananda Reyva (Unknown)
Safitri, Safila Putri (Unknown)
Hasanah, Lathipah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membantu anak-anak mengembangkan kemampuan dasar dan keterampilan yang diperlukan untuk keberhasilan dimasa depan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan PAUD, inovasi dalam kurikulum dan pendekatan pembelajaran menjadi sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep metode pembelajaran Montessori, biografi serta sejarah seorang Maria Montessori, kelebihan dan kekurangan dari kurikulum Montessori, tujuan utama pada kurikulum Montessori, dan implementasi kurikulum Montessori dalam satuan lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian library research dengan metode studi kepustakaan. Maria Montessori, seorang dokter wanita Italia pada tahun 1870. Menurut filsafat Dr. Montessori anak-anak belajar dengan baik dalam lingkungannya yang menekankan pembelajaran berbasis kebebasan anak-anak. Tujuan kurikulum Montessori yaitu untuk membantu anak dalam mengembangkan potensi mereka secara menyeluruh baik dari secara fisik, sosial, emosional, dan intelektual nya. Suatu lembaga pendidikan perlu memberikan lingkungan belajar yang struktur namun bebas. Implementasi model pembelajaran Montessori didasarkan pada tiga area dasar keterlibatan yaitu, pendidikan praktis atau gerak motorik, materi sensorik, materi akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...