JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pemanfaatan Aplikasi Memrise dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kosakata dan Penguasaan Bahasa

Wafa Nazli Nur Fadilah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Tatang (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Artikel ini membahas pemanfaatan aplikasi Memrise dalam pembelajaran bahasa Arab. Memrise adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang inovatif dan interaktif, menggunakan teknik seperti asosiasi visual, cerita mnemonic, dan pengulangan spaced repetition untuk membantu penguasaan kosakata dan tata bahasa. Keuntungan utama menggunakan Memrise dalam mengajar bahasa Arab meliputi peningkatan penguasaan kosakata, pemahaman tata bahasa yang lebih baik, dan lingkungan belajar yang menyenangkan. Metode pembelajaran efektif dengan Memrise mencakup pembuatan kursus mandiri, penyesuaian pengaturan aplikasi, dan penggabungan dengan sumber belajar lainnya. Studi kasus menunjukkan peningkatan kinerja, retensi jangka panjang, dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab menggunakan Memrise. Namun, tantangan seperti kualitas kursus yang bervariasi dan kebutuhan akses teknologi harus diatasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...