Pengelolaan kelas yang efektif tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, tetapi juga meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Keaktifan siswa di kelas merupakan indikator penting dalam keberhasilan pendidikan, Namun, pada kenyataannya, banyak guru menghadapi tantangan dalam meningkatkan keaktifan siswa. Seringkali siswa terlihat pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti metode pengajaran yang kurang menarik, serta kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan metode role playing. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkain penelitian yang berhubungan dengan metode pengumpulan data pustaka seperti buku, ensiklopedia, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen. Dengan memperhatikan strategi pengelolaan kelas menggunakan metode role playing dapat memberikan dampak terhadap keaktifan siswa karena dengan metode ini, siswa memerankan peran tertentu yang memungkinkan mereka mengembangkan imajinasi dan penghayatan situasi nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024