JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Pengelolaan Kelas

Sofyan Iskandar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Primanita Sholihah Rosmana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Juliana Nurhikmah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Resa Azahra (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sarah Nabilah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Seseorang dapat menunjukkan ketaatannya terhadap aturan dan hukum yang ditetapkan dengan bertindak disiplin. Guru harus mendidik peserta didiknya untuk disiplin dan mengikuti norma-norma yang baik yang telah mereka tetapkan. Menetapkan batasan terhadap tindakan atau sikap tertentu yang dianggap merugikan atau melanggar peraturan sekolah, standar akademik, dan adat istiadat sekolah merupakan tujuan dari hukuman. Tempat duduk yang heterogen, pemutaran intonasi suara saat pembelajaran, dan kehadiran peserta didik akan semakin ditingkatkan bila dilakukan pengelolaan kelas internal dan membantu memupuk sikap disiplin peserta didik. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mempelajari bagaimana menumbuhkan sikap disiplin peserta didik. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memanfaatkan tinjauan pustaka. Penulisan ini menunjukkan bagaimana pengelolaan kelas dapat membantu peserta didik sekolah dasar menjadi lebih disiplin. Menggunakan teknik pengelolaan kelas adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kedisiplinan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...