Seseorang dapat menunjukkan ketaatannya terhadap aturan dan hukum yang ditetapkan dengan bertindak disiplin. Guru harus mendidik peserta didiknya untuk disiplin dan mengikuti norma-norma yang baik yang telah mereka tetapkan. Menetapkan batasan terhadap tindakan atau sikap tertentu yang dianggap merugikan atau melanggar peraturan sekolah, standar akademik, dan adat istiadat sekolah merupakan tujuan dari hukuman. Tempat duduk yang heterogen, pemutaran intonasi suara saat pembelajaran, dan kehadiran peserta didik akan semakin ditingkatkan bila dilakukan pengelolaan kelas internal dan membantu memupuk sikap disiplin peserta didik. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mempelajari bagaimana menumbuhkan sikap disiplin peserta didik. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memanfaatkan tinjauan pustaka. Penulisan ini menunjukkan bagaimana pengelolaan kelas dapat membantu peserta didik sekolah dasar menjadi lebih disiplin. Menggunakan teknik pengelolaan kelas adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kedisiplinan peserta didik.
Copyrights © 2024