JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Mind Mapping Method in the Merdeka Belajar Curriculum Era: An Effort to Improve Student Learning Outcomes on Animal Digestive System Material

Fania Alfalita Bogar (Jurusan Biologi, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Fanny N. Nanlohy (Jurusan Biologi, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Decky W. Kamagi (Jurusan Biologi, FMIPAK, Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami topik sistem pencernaan hewan dengan mengadopsi metode pembelajaran Mind Mapping di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian yang dilakukan merupakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian difokuskan pada sampel sebanyak 20 siswa kelas XIB yang memanfaatkan teknik pembelajaran Mind Mapping. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi pemanfaatan tes dan observasi. Secara tradisional, hasil belajar siswa yang dicapai dengan pembelajaran Mind Mapping pada siklus I adalah 70%, dan persentase ini meningkat menjadi 100% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas XIB Peminatan di SMA Negeri 2 Tondano.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...