JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Landasan Pendidikan yang Berorientasi Keberlanjutan : Mengkaji Bagaimana Filsafat, Psiklogi Sosiologi, Hukum, Agama, dan Eknomi Berkrelasi dengan Pengembangan Pendidikan Berkelanjutan

Resti Yuliana (Program Studi Pasca Sarjana Pendidikan Dasar)
Nadra Yanti (Program Studi Pasca Sarjana Pendidikan Dasar)
Ade Yatma (Program Studi Pasca Sarjana Pendidikan Dasar)
Hendrizal Hendrizal (Program Studi Pasca Sarjana Pendidikan Dasar)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang berbagai disiplin ilmu (filsafat, psikologi, sosiologi, hukum, agama, dan ekonomi) digunakan untuk membicarakan tentang bagaimana landasan pendidikan yang berorientasi keberlanjutan sangat penting untuk pengembangan pendidikan yang berkelanjutan. Dalam situasi seperti ini, kombinasi berbagai disiplin ilmu sangat penting untuk membangun sistem pendidikan yang bertahan lama. Sementara psikologi membantu memahami perilaku individu selama proses pembelajaran, filsafat memberikan landasan nilai dan prinsip yang mendasari pendidikan berkelanjutan. Aspek sosial dan regulasi hukum pendidikan dipertimbangkan oleh sosiologi dan hukum. Berbeda dengan agama, ekonomi mempengaruhi keberlanjutan pendidikan secara finansial, dan agama memberikan perspektif tentang nilai moral dan etika. Pengembangan pendidikan berkelanjutan dapat mencapai tujuan yang lebih efisien dan berkelanjutan untuk masa depan pendidikan dengan memahami peran masing-masing disiplin ilmu dan mengintegrasikannya secara keseluruhan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...