JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Ketidaktepatan Menghitung Data Karena Kesulitan Memahami Konsep Dasar Pengolahan Data Yaitu Mean, Median, Modus

Syahroini, Syahroini (Unknown)
Manjani, Nurhudayah (Unknown)
Amelia Nainggolan, Nengsi (Unknown)
Arlina Situmorang, Dini (Unknown)
Chafiana, Enda (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menggambarkan ketidaktepatan siswa dalam menghitung data, terutama dalam memahami konsep dasar pengolahan data seperti mean, median, dan modus, di kelas V di Sekolah Dasar Negeri 101771 Tembung. Artikel ini membahas metode yang tepat untuk menghitung data dalam menentukan nilai mean, median, dan modus baik untuk data tunggal maupun data kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian tinjauan pustaka dan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru di Sekolah Dasar Negeri 101771. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara dan analisis dokumen, dengan wawancara secara daring dilakukan dengan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami ketidaktepatan dalam menghitung data karena kurang memahami konsep dasar pengolahan data seperti mean, median, dan modus di kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...