JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 2 SDN.106806 Cinta RakyatPengaruh Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 2 SDN.106806 Cinta Rakyat

Demmina Ginting (Universitas Negeri Medan)
Diva Nurjannah Batubara (Universitas Negeri Medan)
Fadhilah Zahra (Universitas Negeri Medan)
Lola Palupi (Universitas Negeri Medan)
Stevi Adinda Siahaan (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 2 SD di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bahasa dapat secara signifikan meningkatkan jumlah dan kualitas kosakata siswa. Siswa menjadi lebih termotivasi dan antusias dalam mempelajari kosakata baru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi permainan bahasa dalam proses pembelajaran merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 2 SD. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk lebih sering menggunakan permainan bahasa sebagai alat bantu dalam mengajar kosakata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...