Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 2 SD di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bahasa dapat secara signifikan meningkatkan jumlah dan kualitas kosakata siswa. Siswa menjadi lebih termotivasi dan antusias dalam mempelajari kosakata baru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi permainan bahasa dalam proses pembelajaran merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 2 SD. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk lebih sering menggunakan permainan bahasa sebagai alat bantu dalam mengajar kosakata.
Copyrights © 2024