Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pentingnya manajemen sekolah dalam meningkatkan sarana dan prasarana terhadap kualitas pembelajaran di PAUD. Metode penelitian ini melalui tinjauan literatur yang komprehensif, penelitian ini menganalisis berbagai model pembelajaran, menyoroti keunggulan, tantangan, dan implikasi praktisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen yang baik akan mempengaruhi sistem pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar anak, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan merangsang kreativitas mereka. Menurut Permendikbud Tahun 2014 nomor 137, yang berkaitan dengan Standar Nasional PAUD, fasilitas dianggap sebagai perlengkapan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan pendidikan atau pembelajaran, kegiatan pengasuhan anak, dan perlindungan anak usia dini. Dalam penelitian ini juga dikemukakan bahwa Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu Pendidikan Anak Usia Dini adalah dengan cara terpenuhinya sarana dan prasarana yang ada di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang memadai, berkualitas, sesuai dengan perkembangan Anak Usia Dini, dan sarana dan prasarana yang siap pakai.
Copyrights © 2024