JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peranan IPS dalam Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar

Andhini Oktafrina (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Hanny Rahmawati (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Nisa Nur Fauziyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurdiansyah Nurdiansyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Peranan Penting Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan sosial peserta didik sekolah dasar. Saat ini, keterampilan sosial menjadi semakin penting bagi keberhasilan orang-orang di berbagai bidang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data studi literatur untuk mengevaluasi peranan IPS terhadap keterampilan sosial di sekolah dasar. Analisis data menunjukkan bahwa mempelajari IPS mempunyai potensi besar untuk mengembangkan keterampilan sosial, seperti berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, empati dan toleransi. Melalui pendekatan terstruktur yang berfokus pada peningkatan keterampilan sosial, IPS juga mengajarkan bagaimana membentuk keterampilan peserta didik agar dapat sukses dalam kehidupan sosial yang semakin rumit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...