JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektifitas Workshop Ilmu Pendampingan Disabilitas dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Magang UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Makassar

Akmal, Nur (Unknown)
Ruslan, Hana Salimah (Unknown)
Syafar, Rezka Rahayu (Unknown)
Amira, Dita (Unknown)
Multazam, Multazam (Unknown)
Angelina, Cici (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Kasus kekerasan terhadap penyandang disabilitas pada tahun 2020-2023 mencapai 129 kasus di UPTD PPA Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa magang UPTD PPA dalam melakukan pendampingan terhadap penyandang disabilitas. Subjek penelitian berjumlah 21 orang yang magang di UPTD PPA Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, desain one-group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa angket yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan Workshop Pendampingan Disabilitas pada tanggal 13 Juni 2024. Kegiatan ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa magang mengalami peningkatan pemahaman signifikan pada berbagai aspek, antara lain pengertian penyandang disabilitas (57,1% menjadi 71,4%), jenis-jenis disabilitas (38% menjadi 71%), tujuan pendampingan disabilitas (19% menjadi 79%), dan cara membantu penyandang disabilitas intelektual (52,4% menjadi 76%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa Workshop Pendampingan Disabilitas efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa magang UPTD PPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...