JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Website Artificial Intellegence sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital pada Proses Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Mariko, Selli (Unknown)
Mulyani, Nani (Unknown)
Arfa, Avini Nurazhimah (Unknown)
Pinahayu, Ek Ajeng Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan Pendidik untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan tahap capaian perkembangan peserta didik. Pendidik diharapkan mampu mengembangkan instrument dan materi pembelajaran menyesuaikan konteks dan muatan lokal. Namun faktanya, banyak kendala yang dihadapi pendidik dalam mengembangkan instrument pembelajaran. 1. Pendidik kurang responsive dan adaptif terhadap kemajuan teknologi. 2. Pendidik belum sepenuhnya mengadaptasikan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran. 3. Instrument yang dikembangkan oleh guru belum mengedepankan konsep High Order Thinking Skill (HOTS). Analisis deskriptif kualitatif yang dihasilkan untuk menangani masalah tersbut adalah pendidik perlu mengimplementasikan Website Artificial Intellegence (WAI) dalam mengembangkan instrument pembelajaran. Selain itu, outcome yang diharapkan dapat meningkatkan literasi digital peserta didik. Meningkatnya literasi dari peserta didik diharapkan mampu mengedapankan cara berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan mengambil keputusan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...