JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Model Pembelajaran Hybrid pada Mahasiswa Unkriswina Sumba

Wadu, Darius Imanuel (Unknown)
Eko, Yuliana S. (Unknown)
Randjawali, Erwin (Unknown)
Ndakularak, Iona Lisa (Unknown)
Nggaba, Mayun Erawati (Unknown)
Nuhamara, Yuliana Tamu Ina (Unknown)
Taunu, Elsy S. H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Model pembelajaran hybrid atau hybrid learning model hadir sebagai pilihan model pembelajaran disaat peralihan antara offline (tatap muka) dan online (dalam jaringan) muncul. Model ini diharapkan dapat menjawab solusi bagi kampus yang akan melaksanakan perkuliahan secara offline maupun online dalam waktu bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perkuliahan dengan menggunakan model pembelajaran hybrid pada mahasiswa Unkriswina Sumba. Selain itu, melalui penelitian ini juga, diharapkan dapat ditemukan faktor eksternal dan faktor internal baik yang mendukung dan menghambat keberlangsungan model pembelajaran hybrid di dalam kelas saat perkuliahan berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana nanti peneliti peroleh data dari hasil wawancara dan dokumentasi di lapangan kemudian peneliti deskripsikan dengan detail. Metode ini dipilih karena dapat dengan jelas menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanakan model hybrid di kelas, sehingga menurut peneliti sangat cocok bila disandingkan antara metode dan model yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian kali ini peneliti mencoba membuat tahapan penelitian yaitu tahap pertama tahap perencanaan, tahap kedua tahap implementasi, tahap ketiga tahap penilaian. Tahapan-tahapan ini, membantu peneliti dalam melihat proses implementasi penggunaan pembelajaran hybrid selama perkulihan berlangsung di kampus Unkriswina Sumba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...