JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Development in Enriching Social Studies Learning with Local Culture for Student Character

Azzahra, Naila (Unknown)
Akmal, Najwa Zakia (Unknown)
Azzahra, Rabella (Unknown)
Nanda, Riska (Unknown)
Wahyunengsih, Wahyunengsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran IPS berbudaya lokal. Permasalahannya, pembelajaran IPS seringkali diwarnai dengan pendekatan yang monoton dan tidak kontekstual. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat dan tidak mampu memahami nilai-nilai dan norma-norma sosial yang terkandung dalam materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengacu pada studi literatur. Pengintegrasian budaya lokal dalam pembelajaran IPS memberikan lingkungan belajar yang lebih bermakna, memperkuat karakter siswa, dan memfasilitasi pengembangan pengetahuan dan keterampilan sosial melalui interaksi dengan budaya lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...