Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick di kelas V SD Negeri 11 Bandar Sono T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Bandar Sono. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata prestest pada kelas eksperimen yaitu 48,80 dan nilai rata rata postest yaitu 72,20, sedangkan pada kelas kontrol menyatakan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 46,27 dan nilai rata-rata postest yaitu 54,93. Hasil pengujian hipotesis I di peroleh diperoleh ttabel sebesar 5,488 dan thiung sebesar 1,699 yang berarti thitung > ttabel maka Ha diteriman dan H0 ditolak yaitu model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis II diperoleh nilai t58 = 1,67. Karena thitung > ttabel yaitu 5,67 > 1,67. Berdasarkan hasil dari analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran talking stick lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran talking stick.
Copyrights © 2024