JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Validitas Media Pembelajaran Insektarium pada Mata Pelajaran IPA Kelas 3 di SDIT Al-Anwar Mayong dalam Materi Siklus Hidup Hewan

Rohmawati, Mely (Unknown)
Nabela, Sarah (Unknown)
Hidayah, Eva Resa Sirotun (Unknown)
Agustin, Silvia Devi (Unknown)
Masfuah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari penggunaan media Insektarirum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 3 SDIT Al-Anwar Mayong. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D), yaitu Define, Design, Development and Disseminate.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SDIT Al-Anwar Mayong sebanyak dua orang dan peserta didik sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi media yang kemudian menghasilkan data skor validasi. Adapun aspek validasi meliputi materi, ilustrasi, kualitas dan tampilan, serta daya tarik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Insektarium pada materi siklus hidup hewan kelas 3 Sekolah Dasar valid untuk digunakan dengan presentase rata-rata nilai validasi sebesar 83,08 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...