Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari penggunaan media Insektarirum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 3 SDIT Al-Anwar Mayong. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D), yaitu Define, Design, Development and Disseminate.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SDIT Al-Anwar Mayong sebanyak dua orang dan peserta didik sebanyak lima orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi media yang kemudian menghasilkan data skor validasi. Adapun aspek validasi meliputi materi, ilustrasi, kualitas dan tampilan, serta daya tarik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Insektarium pada materi siklus hidup hewan kelas 3 Sekolah Dasar valid untuk digunakan dengan presentase rata-rata nilai validasi sebesar 83,08 %.
Copyrights © 2024