JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Diah Safitri Kumala Sari (Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Siti Kusniati (SDN Karanganyar Gunung 02)
Noor Miyono (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan media puzzle terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui tes soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 66, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 90. Uji hipotesis dengan Paired Simple T Test (Uji t) menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...