JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Pendidikan Homeschooling Menggunakan Pendekatan Montessori pada Anak Usia 0-6 Tahun

Syofia Alkhaira (Universitas Adzkia)
Ghea Aina Khairunisa (Universitas Adzkia)
Buzarmi Buzarmi (Universitas Adzkia)
Hendrizal Hendrizal (Universitas Adzkia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Pendidikan Homeschooling menjadi sebuah program yang diminati oleh banyaknya keluarga yang memiliki kondisi tertentu, program ini secara umum dikategorikan sebagai pendidikan informal karena kurikulumnya yang fleksibilitas dan personalisasi yang tinggi. Namun, dalam praktiknya, homeschoolong dapat mencakup elemen-elemen pendidikan formal, tergantung pada regulasi setempat dan pendekatan yang diambil oleh keluarga yang bersangkutan. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk menganalisis pendidikan Homeschooling dengan pendekatan Montessori pada anak usia 0-6 tahun. Montessori ini merupakan metode pendidikan yang menekankan pada kemandirian dan kebebasan dalam batasan tertentu, serta penghargaan terhadap perkembangan psikologi anak. Penelitian ini menggabungkan ulasan literatur, pendapat para ahli, dan penelitian terbaru untuk memberikan gambaran komprehensif tentang efektivitas metode Montessori dalam kontesk Homeschooling.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...