JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan di SMKN 35 Jakarta

Qorinah, Yusri (Unknown)
Iriani, Tuti (Unknown)
Saleh, Rosmawita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pejaran Dasar – Dasar Kosntruksi Bangunan di SMKN 35 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimen dengan desain nonequivalen control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa aktif kelas X DPIB yang sedang mengambil mata pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan dengan total sampel 68 siswa. Pengumpulan data berupa soal test pre-test dan post-test. Soal sebanyak 10 soal dengan mengacu kepada 5 indikator berikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami perbedaan hasil nilai rata – rata yang signifikan. Dibuktikan dengan hasil uji T sebesar nilai sig 0,000 < 0,05. Pada uji Regresi Linear sederhana model pembelajaran Problem Based Learning menunjukan pengaruh positif yaitu +2,4% pada materi Konsep Green-Building, +3,6 % pada materi Syarat dan Prinsip Penerapan Green- Building dan +7,2% pada materi Bahan Bangunan Berbasis Green-Building. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...