JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Model Pbl dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi

Zakaria, Muhammad Hilmi (Unknown)
Zuhri, Muhammad Saifuddin (Unknown)
Fridaniati, Kurnia (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji implementasi model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan kontekstual berbantuan flipbook dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus dari Maret hingga Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi numerasi siswa. Pada pra siklus, hanya 12% siswa yang memiliki kemampuan literasi numerasi. Setelah siklus pertama, angka ini meningkat menjadi 32%, dan pada siklus kedua mencapai 85%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...