JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kesiapan Menerapkan Pembelajaran Building Information Modelling (BIM) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta

Aqshanul Farhan (Universitas Negeri Jakarta)
Tuti Iriani (Universitas Negeri Jakarta)
Arris Maulana (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesiapan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Bangunan di Jakarta dalam menerapkan Pembelajaran Berbasis Building Information Modelling. Kesiapan ini dilihat dari enam indikator yang terdapat pada penelitian ini, yakni sarana prasarana, perangkat pembelajaran, sumber dana, evaluasi, tenaga pendidik, dan peserta didik. penelitian ini menggunakan satu variabel yakni kesiapan SMK Bangunan pada pembelajaran BIM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, dan SMKN 58 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Bangunan di Jakarta memiliki nilai kesiapan sebesar 55,6% dalam kategori cukup baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...