JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Basic Introduction to NLP: Text and Language Analysis with Python

El Faath Sadam (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Ananda Radhiyya Annafi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Iqlal Wira Prasetio (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Muhamad Sultonan Nashiro (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Reihan Septyawan (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Mirza Sutrisno (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Rita Dewi Risanty (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Sitti Nurbaya Ambo (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Yana Adharani (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Rully Mujiastuti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Natural Language Processing (NLP) telah menjadi bidang penting dalam komputasi modern, dengan fokus pada interaksi antara bahasa manusia dan komputer. Webinar dan workshop "Pengenalan Dasar NLP: Analisis Teks dan Bahasa dengan Python" dilaksanakan pada 18 Juli 2024 secara daring, dihadiri oleh 35 peserta. Kegiatan ini meliputi pengenalan tentang NLP, demonstrasi penggunaan Python untuk analisis teks, dan sesi praktik dengan Google Colab. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 70,4% peserta memiliki pengetahuan awal yang benar, meningkat menjadi 81,8% pada post-test. Feedback dari 44 peserta menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, 100% peserta setuju bahwa materi yang disampaikan sesuai dan terstruktur dengan baik, narasumber kompeten, dan kualitas teknis kegiatan baik. Workshop ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta tentang NLP, teknik pra-pemrosesan data teks, dan penggunaan Python dalam analisis teks bahasa. Kesimpulannya, kegiatan ini efektif dalam memperkenalkan NLP dan meningkatkan keterampilan analisis teks peserta menggunakan Python.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...