JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pemanfaatan Lagu sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Teks Ulasan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP

Nurchayati Nurchayati (Universitas PGRI Semarang)
Siti Ulfiyani (Universitas PGRI Semarang)
Jumrotun Jumrotun (SMP Negeri 1 Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lagu sebagai media Pembelajaran untuk materi Teks Ulasan Pada peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik wawancara dengan memberikan angket kepada siswa dan kepada guru. teknik observasi, melihat proses pembelajaran secara langsung. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data di analisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, Sumber data pada penelitian ini berjumlah 34 orang yang berasal dari kelas VIII F dan 1 guru kelas VIII F. Pada hasil pembelajaran teks ulasan, penetapan tugas didasarkan pada observasi terhadap proses pelaksanaan pembelajaran pertemuan pertama dan kedua, hasil pembelajaran peserta didik diperoleh dari penilaian pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik bahwa lagu, sangatlah menarik, jarang ada yang memanfaatkan lagu sebagai media pembelajaran untuk teks ulasan. Ini membuat anak menjadi lebih ekspresif dan menjadi hal baru untuk anak-anak, pengerjaan dengan media lagu lebih cepat selesai dibandingkan media lainnya seperti novel, cerpen, puisi dan karya sastra lainnya. Lagu sebagai media juga bisa membangkitkan motivasi fokus dalam mengikuti pembelajaran karena memang baru bagi peserta didik. Berdasarkan penelitian ini, lagu sebagai media pembelajaran untuk materi teks ulasan sangatlah bermanfaat sehingga tercapai tujuan yang dicapai peserta didik sesuai minat dan karakteristiknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...