JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Media Interaktif Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 060925 Medan Amplas

Safitri, Wita (Unknown)
Khayroiyah, Siti (Unknown)
Dewi, Ika Sandra (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)
Harahap, Zulmihani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dengan menggunakan media interaktif Educaplay selama proses pembelajaran. PTK ini termasuk perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas III-A. Hasil belajar siswa masih rendah, hanya 16% siswa memenuhi kriteria, dengan nilai rata-rata 44,79. Setelah menerapkan media interaktif educaplay. Siklus I menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 68,12 dan tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 48%. Meski demikian, di siklus I indikator yang dipatokkan belum tercapai, sehingga diteruskan ke siklus II, di mana Dengan persentase siswa yang memenuhi kriteria sebesar 88%. Hasil penelitian tindakan kelas di kelas III-A UPT SDN 060925 Medan Amplas menunjukkan bahwa media interaktif Educaplay membantu siswa belajar dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...