JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kesalahan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SDN Pasanggrahan I Kabupaten Tangerang

Melia Gita Andreani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Intan Sari Ramdhani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sunardin Sunardin (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penulisan huruf kapital dalam menulis karangan narasi dan untuk mengetahui kesalahan penggunaan kata depan dalam menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Pasanggrahan I Kabupaten Tangerang. Metode pada penelitian ini adalah kualiatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini (1) kesalahan penulisan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata pada judul sebanyak 43 kesalahan, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama awal kalimat sebanyak 82 kesalahan, kesalahan penulisan huruf kapital disetiap kata atau pertengahan kata dalam kalimat sebanyak 77 kesalahan, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama hari sebanyak 5 kesalahan, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi sebanyak 33 kesalahan. (2) kesalahan penulisan kata depan di sebanyak 62 kesalahan dan kesalahan penulisan kata depan ke sebanyak 43 kesalahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...