JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatiif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPAS Kelas V”

Putri Yulia Roudhotul Jannah (STKIP Modern Ngawi)
Lucky Amatur Rohmani (STKIP Modern Ngawi)
Miratu Chaeroh (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi dampak menerapkan model pembelajaran kooperatif jenis make a match terhadap hasil belajar siswa pada topik Indonesiaku kaya raya kelas V SDN Kiyonten 1. Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian kuantitatif berjenis pendekatan pre-experimental menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Metode pengambilan sampel yang dipilih adalah sampling jenuh, di mana siswa kelas V yang berjumlah 23 orang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan checklist observasi. Untuk analisis data, digunakan uji t berpasangan dengan syarat pengujian normalitas dan homogenitas. Melalui penelitian ini dihasilkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 53,91, sedangkan posttest adalah 83,70. Dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan pengaruh positif terhadap pencapaian belajar siswa pada materi 'Indonesiaku kaya raya' di kelas V SDN Kiyonten 1.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...