JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Informatika Kelas XI MA Al-Khairiyah Pipitan

Putri, Nova Amelia (Unknown)
Hayadi, B. Herawan (Unknown)
Irfan, Mursyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Informatika di kelas XI MA Al-Khairiyah Pipitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran Informatika. Aplikasi Canva dinilai dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Siswa merasa terbantu dalam membuat desain dan presentasi yang menarik, sementara guru menemukan aplikasi ini efektif untuk menyampaikan materi pelajaran Informatika. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan fasilitas dan kemampuan siswa dalam mengoperasikan aplikasi Canva. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Informatika dinilai efektif dan dapat diterapkan di MA Al-Khairiyah Pipitan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru untuk memanfaatkan teknologi digital dalam inovasi pembelajaran, serta memberikan wawasan bagi penelitian selanjutnya terkait pemanfaatan aplikasi Canva atau media pembelajaran berbasis teknologi lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...