JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Perancangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Canva di SMP Negeri 2 Tilatang Kamang

Fakhri, Muhammad Aulia (Unknown)
Derta, Sarwo (Unknown)
Musril, Hari Antoni (Unknown)
Okra, Riri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini merancang media pembelajaran informatika berbasis Canva di SMP Negeri 2 Tilatang Kamang untuk meningkatkan efektivitas dan praktikalitas pembelajaran. Observasi dan wawancara mengungkapkan bahwa pelajaran informatika kurang diminati karena materi yang sulit dan penggunaan media konvensional, meskipun fasilitas modern tersedia. Siswa sering tidak fokus, berkeliaran, atau menggunakan komputer untuk hal yang tidak relevan selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D: Definisi, Desain, Pengembangan, dan Pendistribusian. Validitas media diuji oleh enam ahli dengan hasil valid (0.75, 0.70, 0.96, 1.00). Uji praktikalitas oleh guru menghasilkan nilai sangat tinggi (0.97). Uji efektivitas oleh 24 siswa menunjukkan nilai tinggi (0.93). Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...