Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 20 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 19 peserta didik yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada modul ajar, siklus I diperoleh nilai rata-rata 87,4% meningkat pada siklus II menjadi 95,8%. Pengamatan aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 89,2% meningkat pada siklus II menjadi 96,4%. Pengamatan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 85,6% meningkat pada siklus II menjadi 96,4%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V.
Copyrights © 2024