Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan (1) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap profesionalisme guru; (2) Pengaruh motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru; dan (3) Pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Palembang dengan responden 86 Guru. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi.Uji validitas menggunakan Validitas Konstruksi dan Analisis Faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbachh”s Alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas serta data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (4,483) ≥ttabel (2,00) (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (6,730) ≥ttabel (2,00) (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru. Hal ini yang ditunjukkan oleh nilai fhitung (108,054) ≥ ftabel (3,11).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024