J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 9 No 1 (2024): April

Pelatihan Membuat Instrument Penilaian Literasi Membaca Bahasa Inggris untuk Guru SMP Kabupaten Agam, Sumatra Barat

Lasito, Lasito (Unknown)
Pujiati, Hanip (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penulisan butir soal untuk penilaian literasi membaca bagi guru-guru Bahasa Inggris SMP Kabupaten Agam Sumatra Barat. Pelatihan ini didasari atas fenomena dihapuskannya ujian nasional untuk semua jenjang pendidikan. Dengan didesentralisasikannya penilaian akhir jenjang satuan pendidikan ke sekolah, menuntut kemampuan guru untuk dapat membuat perangkat penilaian yang valid. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru dapat menulis butir soal untuk keperluan penilaian literasi membaca jenjang SMP. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini melatih guru-guru untuk dapat memilih, memilah dan mereduksi teks otentik berbahasa Inggris yang selanjutnya digunakan sebagai teks acuan dalam penulisan butir soal. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah meninhkatnya kemampuan guru dalam membuat tes literasi membaca serta koleksi soal literasi membaca Bahasa Inggris SMP yang dapat digunakan bersama-sama oleh guru-guru Bahasa Inggris di kabupaten Agam untuk keperluan penilain peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal J-DINAMIKA ini berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu, diantaranya pertanian, manajemen, teknologi informasi, sosial humaniora, kesehatan, dan semua bidang ilmu lainnya. Bentuk kegiatan pengabdian yang dipublikasikan dapat berupa penerapan ...