Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola, serta hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dalam hal pelaksanaan gerak dasar menendang bola dengan baik dan benar. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : “Untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola siswa kelas VI SDN 3 Gunungcupu melalui strategi modifikasi media pembelajaran”. Hipotesis tindakan yakni “Dengan penggunaan modifikasi media pembelajaran maka kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola pada siswa Kelas VI SDN 3 Gunungcupu dapat ditingkatkan.” Indikator kinerja. apabila kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola pada siswa Kelas VI SDN 3 Gunungcupu melalui media pembelajaran yang dimodifikasi pada siswa kelas VI SDN SDN 3 Gunungcupu dapat ditingkatkan minimal 75%. Maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SDN SDN 3 Gunungcupu. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN SDN 3 Gunungcupu dengan jumlah siswa 39 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola yakni : pada observasi awal rata-rata peningkatan kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola sebesar 69,60%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 61.64% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 75.29%, jadi hipotesis yang dinyatakan: “Dengan melalui modifikasi media pembelajaran maka peningkatan kelincahan dan kecepatan gerak dalam permainan sepak bola pada siswa Kelas VI SDN 3 Gunungcupu dapat ditingkatkan.” dapat diterima.
Copyrights © 2024