Rendahnya pemahaman konsep IPA pada siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa, kurangnya partisipasi siswa, dan kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran sehingga membuat siswa merasa kesulitan untuk memahami materi IPA secara baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangakan produk berupa media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa pada penggunaan media powerpoint interaktif dalam proses pembelajaran dan juga untuk melihat adakah peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada penggunaan media powerpoint interaktif. Metode penelitian yang digunakan yakni Research And Development (R&D) megadopsi pada model pengembangan Borg and Gall, penelitian ini dilakukan di SDP AL-Basyariah pada siswa kelas V. Penggunaan media powerpoint interaktif medapatkan respon yang sangat positif, hal tersebut dapat dilihat dari hasil presentase rata-rata respon siswa. Pada uji coba produk diperoleh presentase sebesar 85% sedangkan pada uji pemakaian diperoleh presentase sebesar 81% kedua uji coba ini masuk pada kriteria sangat positif. Lalu untuk melihat adakah peningkatan pemahaman konsep pada siswa maka peneliti melakukan analisis uji N-Gain. Pada uji coba produk diperoleh nilai sebesar 1,57 dengan kategor tinggi, sedangkan nilai N-Gain pada uji pemakaian diperoleh nilai sebesar 1,47 dengan kategori tinggi. Dengan demikian media powerpoint interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa.
Copyrights © 2022