Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 3 No. 1 (2024): June

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Wike Sintia, Ayang (Unknown)
Bayu Kelana, Jajang (Unknown)
Ramadhan Firdaus, Anugrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Perkembangan zaman di abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki life skill yang berguna bagi kehidupannya, salahsatu yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan pada peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu model pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran STEM pada peserta didik kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan  desain one group pretest-posttest. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI sekolah dasar dengan jumlah jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalahsoal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Berdasarkah hasil penelitian diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI setelah menggunakan model pembelajaran STEM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...