Penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan penekanan pada etnografi. Tujuannya adalah untuk melakukan eksplorasi etnosains pada masyarakat suku Malind untuk penguatan pemahaman konsep IPA siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Merauke. Penelitian ini dilakukan di kampung-kampung masyarakat suku Malind. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei deskriptif dengan alat pengumpulan data melalui wawancara, observasi, partisipasi, dokumentasi, dan literatur budaya masyarakat suku Malind. Pada penelitian ini peneliti memiliki peran sebagai human instrument (instrumen utama) yang mengamati dan mendalami secara langsung obyek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 topik sains asli yang dapat dikaitkan dengan konsep pembelajaran IPA di SD. Berdasarkan hasil eksplorasi ini membuktikan budaya sains asli suku Malind dapat diintegrasikan dengan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran IPA berbasis budaya dan kearifan lokal.Exploration of Ethno-Science among the Malind Community for the Enhancement of Elementary School Students' Understanding of Science ConceptsAbstractThis research is skin research with an emphasis on ethnography. The aim was to explore ethnoscience in the Malind community to strengthen elementary school students' understanding of science concepts in the Merauke Regency. This research was conducted in the villages of the Malind tribe. The research method used was a descriptive survey with data collection tools through interviews, observation, participation, documentation, and cultural literature of the Malind tribe. In this research, the researcher is a human instrument (primary instrument) who observes and explores directly the objects observed. The results showed that seven indigenous science topics can be related to the concept of science learning in elementary school. The results of this exploration prove that the indigenous science culture of the Malind tribe can be integrated with science learning in elementary schools. This research can be used as a recommendation for the Merauke Regency Education and Culture Office to develop a science learning curriculum based on local culture and wisdom.
Copyrights © 2023