Kepemimpinan transformasional dipandang sebagai faktor kunci dalam mempengaruhi kinerja guru, karena kepala sekolah berperan penting dalam mengarahkan, menginspirasi, dan membimbing guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis regresi berganda dan uji hipotesis untuk menentukan keberadaan dan signifikansi hubungan antara variabel independen (kepemimpinan transformasional) dan variabel dependen (kinerja guru). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lombok Barat. Nilai koefisien korelasi antara variabel kepemimpinan transformasional (X1) dan kinerja guru (Y) sebesar 3.190, yang secara statistik signifikan karena melebihi nilai t-tabel (1.66) pada tingkat signifikansi 0.05. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kontribusi kepemimpinan transformasional, semakin tinggi pula kinerja guru di madrasah tersebut.
Copyrights © 2024