Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika
Vol 7 No 1 (2024): Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika

Keefektifan Literasi Sains Pada Kegiatan Kolaboratif MBKM Pada Skema Mengajar Di SMP Darul Furqan Kota Bima Tahun 2023

Khotimah, Khusnul (Unknown)
Suswati, Lis (Unknown)
Rahmawati, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui: 1). Apa saja kendala yang dialami siswa dalam menerapkan literasi sains pada kegiatan kolaboratif Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) pada skema mengajar satuan pendidikan SMP Darul Furqan Kota Bima. 2). Untuk mengetahui keefektifan kegiatan kolaboratif Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) terhadap literasi sains di satuan pendidikan SMP Darul Furqan Kota Bima Bentuk kegiatan mahasiswa Kampus Mengajar di SMP Darul Furqan Kota Bima dalam meningkatkan efektifitas literasi sains siswa yakni melaksanakan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan kegiatan pesantren kilat, pembuatan madding dan pohon literasi. Berdasarkan hasil percobaan menggunakan angket, presentase yang dihasilkan yaitu 89% dan masuk pada kriteria sangat baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan Kolaboratif Merdeka Belajar kampus Mengajar (MBKM) Di Satuan Pendidikan sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GE

Publisher

Subject

Astronomy Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Mechanical Engineering Physics Other

Description

Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika merupakan jurnal open-access peer-review double-blind. Naskah yang masuk akan melalui proses seleksi editor dan team reviewer. Jurnal Gravity Edu merupakan terbitan dari Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Bima mulai menerbitkan artikel ...