Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2023): November

Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Berbasis Ill Structure Problem dalam Meningkatkan Metakognisi Siswa

Yunia Nabila Aziziy (Unknown)
Rasyid, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran IPA di MTsN Sumenep yang memberdayakan metakokgnisi belum dilakukan secara sengaja serta belum adanya diterapkannya model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan metakognisi. Pembelajaran Cooperative Problem Solving merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan metakognisi dengan membiasakan peserta didik memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran Cooperative Problem Solving yang dikembangkan dengan ill structured problem yang teruji mampu meningkatkan metakognisi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi experimental research dengan menggunakan desain Nonequivqlenty Control Group. Keefektifan model pembelajaran berdasarkan tes pemahaman konsep mengalami peningkatan rata-rata N-gain kelas eksperimen dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...