Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 3 No. 3 (2023): DESEMBER: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan

KEUNGGULAN BERSAING, PROMOSI PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PELAKU USAHA UMKM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

Tri Imaliya (Unknown)
Asri Winanti Madyoningrum (Unknown)
Widya Nurcahyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunggulan bersaing, promosi pemasaran media sosial dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pelaku usaha UMKM di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian dan survei dilakukan di Desa Tomplakan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang terhadap pemilik atau pengelola UMKM. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 pelaku usaha UMKM dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebar kuersioner. Hasil penelitian menunjukkan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran; promosi pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran; inovasi produk secara positif dan signifikan berpengaru terhadap kinerja pemasaran. Hasil nilai F hitung sebesar 90,314 > nilai F tabel yaitu 2,9752 dan nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima artinya variabel keunggulan bersaing, promosi pemasaran media sosial, inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUMBIKU

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berkaitan dengan aspek apapun dari ...