Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Edisi April, Agustus, dan Desember.
Articles
71 Documents
SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH BERBASIS CLIENT SERVER
Daniel Adi Putranto;
Siska Ratnasari
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 3 (2021): Desember: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (813.888 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v1i3.1
In the current era of globalization, computer users are increasing. Almost every job in school institutions uses computer aids as well as in SMP N 1 Salatiga which is located on Jl. R. Soeprapto No. 34 really need to use a computer. Especially in the school library which has not been able to take advantage of the sophistication of computer technology in recording school tuition payments. The problem that is often encountered is that in the data processing process errors are still found at the time of recording in making SPP payment transactions because they are still processed manually by being recorded in the books one by one so that the resulting calculation of school tuition payments is less accurate. With these problems the author tries to formulate a problem, namely how to make a computerized program for paying school tuition and using a multiuser-based program at SMP N 1 Salatiga in order to process data more quickly with a minimum error rate. In making this thesis, the author uses Visual Basic 6.0 software and the data base uses Microsoft Access.
SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE PERIODIC INVENTORY SYSTEM DAN PERPETUAL SYSTEM
Henny Susilowati
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 3 (2021): Desember: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (718.267 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v1i3.2
Sistem Informasi persediaan barang habis pakai digunakan untuk pengendalian dan pengawasan terhadap pengelolaan barang habis pakai dalam melaksanakan pengelolaan barang habis pakai sering menghadapi permasalahan. Permasalahan tersebut seperti penghitungan barang tidak akurat, proses pencatatan, dokumentasi data transaksi terhambat, dan kontrol persediaan barang tidak optimal. Hal yang dilakukan untuk meminimalisir permasalahan tersebut adalah dengan dibangunnya sistem informasi pengelolaan persediaan barang habis pakai. Sistem ini dibuat dengan mengembangkan sistem yang telah ada. Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Tahapan pengembangan sistem yang digunakan pada pengembangan sistem ini adalah analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi sistem. Perangkat lunak bantu yang digunakan untuk mengimplementasikan rancangan sistem adalah Delphi Borland. Sistem Informasi persediaan barang habis pakai dibangun berdasarkan kebutuhan pengguna sehingga dihasilkan spesfikasi kebutuhan. Basis data dalam sistem ini mencakup tabel barang, pengguna, pemasok, sirkulasi, notabon, persediaan, pengusulan barang dan kadaluarsa barang.
METODE EOQ PADA SISTEM INFORMASI JASA EKSPOR IMPOR BERBASIS WEB
Joko Susilo
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 3 (2021): Desember: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (898.882 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v1i3.3
Pada era komputerisasi sekarang ini perusahaan jasa baik kecil, menengah sampai perusahaan besar dituntut untuk dapat memuaskan kebutuhan para pelanggannya. Hal ini disebabkan karena maraknya persaingan antara perusahaan yang memiliki jasa sejenis atau serupa. Berbagai cara diupayakan untuk meningkatkan pelayanan jasa secara maksimal serta untuk mempertahankan eksistensi perusahaan tersebut. Selain kepercayaan dari pelanggan terhadap perusahaan jasa, faktor kemudahan pengurusan jasa dan kemudahan mendapatkan informasi menjadi faktor yang diutamakan oleh pelanggan. Informasi yang cepat dan tepat menjadi pilihan pelanggan. PT Dakota Abadi Jakarta Selatan adalah perusahaan jasa ekspor impor yang beralamat di jl Brigjen Sudiarto No. 665 Jakarta, usahanya bergerak dalam bidang pelayanan pengurusan jasa ekspor impor meliputi pembuatan dokumen ekspor impor, dalam menjalankan usahanya PT Dakota Abadi Jakarta Selatan bekerjasama dengan perusahaan transportasi laut, agen ekspor impor dari luar negeri dan Bea cukai.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN ANGGOTA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SDLC
Danang , Danang;
Mustofa, Zaenal
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 3 (2021): Desember: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1031.172 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v1i3.4
PT Amarta Karya Semarang, sebagai salah satu asosiasi yang bergerak di bidang jasa konstruksi ketenagalistrikan, dengan anggota yang tersebar di seluruh Jawa Tengah, dalam pengembangannya masih membutuhkan rencana strategis dan membawa kemajuan bagi asosiasi dan anggota. Oleh karena itu, dalam penulisan ini penulis akan membuat suatu model akta pendaftaran badan usaha berbasis web yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pengembangan asosiasi itu sendiri. Sistem Informasi Layanan Anggota yang dikembangkan dengan metode pendekatan pengembangan sistem dengan SDLC (System Development Life Cycle) menghasilkan sebuah aplikasi yang akan menjawab kebutuhan PT Amarta Karya Semarang akan sebuah sistem layanan informasi guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik. kepada anggota. Dalam pembuatan sistem ini, penulis menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004 sebagai media perancangan dan PHP sebagai bahasa pemrograman yang digunakan, serta database MySQL sebagai media penyimpanan. Hasil perancangan Sistem Informasi Layanan Anggota dapat diakses oleh anggota, asesor, dan tanggung jawab, dimana anggota dapat mengajukan sertifikasi Badan Usaha secara online. Asesor dapat menilai lebih cepat dan persetujuan penanggung jawab dapat dilakukan lebih cepat, sehingga secara keseluruhan proses sertifikasi Badan Usaha dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efektif. Kata kunci : Sistem, Informasi, layanan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG KIMIA BERBASIS CLIENT SERVER DENGAN METODE SDLC (System Development Life Cycle)
Supriyanto;
Handoko, Sri
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 1 No. 3 (2021): Desember: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (874.608 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v1i3.5
PT. Multindo Kimia Farma Indonesia merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan barang kimia yang memiliki dua buah gudang yaitu gudang yang terletak di jalan Sidodadi Timur No. 20 dan gudang yang terletak di jalan Raya Kawasan Industri II No. 30. Sistem penginputan penjualan dan pembelian barang kimia masih bersifat single user. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah resiko keterlambatan dalam pelaporan laporan penjualan dan pembelian barang kimia dan data yang diberikan oleh bagian pembelian kepada bagian faktur tidak up to date serta bagian marketing yang kesulitan dalam menentukan harga barang kimia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengurangi resiko keterlambatan pelaporan laporan penjualan dan pembelian barang kimia dan menghemat waktu dalam penginputan data penjualan dan pembelian serta bagian marketing dapat mengetahui stok dan harga barang saat ini. Metode penelitian yang dipakai adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi perencanaan, analisis, perancangan, penerapan dan penggunaan. Sistem yang baru dibuat menggunakan database MySQL Server 5.1 dan Microsoft Visual FoxPro 9.0. Sistem informasi berbasis multiuser diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja karena lebih efektif dan efisien karena dapat diakses oleh banyak pihak yang berkepentingan tanpa dibatasi jarak dan waktu.
PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN
Iskandar, Rhoma;
Suarsih, Euis
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (477.561 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.66
Promotion is one of the most important marketing mix variables applied by companies in marketing their products. Without promotion, the product gets less attention from consumers. The promotion target can be achieved if the company allocates adequate promotional costs and with the promotion costs it is expected to help the company achieve higher sales volume. This study aims to determine the effect of promotional costs on sales volume. The samples taken in this study were obtained from the financial statements of PT. Gudang Garam Tbk, PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk and PT Wismilak Inti Makmur Tbk. This study uses a simple linear regression analysis method, testing with a significance of 5%. The results of hypothesis testing, namely the relationship between advertising costs and sales, show that promotional costs have a significant positive effect on sales (significance value 0.000 <0.05). Thus, the hypothesis is supported. The adjusted R Square value is 0.932 or 93.2%, this implies that the regression model has an effect on sales of 93.2% and the rest are other factors that are not measured in this study.
Fungsi Sekretaris dalam Penyelesaian Efisiensi Kerja di Perusahaan
Imhar, Imhar;
Fajri, Siti Mutia
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (387.145 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.68
This review plans to decide the viability of the secretarial capacity in the organization. Quantitative Spellbinding Exploration. The populace just as the examination test is an irregular number of 15 representatives. Information assortment is taken through perception, polls and documentation. Investigation of the information utilized is unmistakable factual examination, in particular the rate equation. The aftereffects of the review portray the adequacy of the secretarial capacity in accomplishing work proficiency in the organization, seen from different viewpoints, specifically Fruitful or Compelling, Conservative, Responsible Work Execution, Genuine Work Division, Objectivity of Power and obligation, Commonsense work strategies, work and can be carried out, has been executed adequately.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD)
Tesmanto, Joni;
Subarja, Nijan
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (432.254 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.69
Bisnis dalam bidang kesehatan atau rumah sakit semakin tajam di era globalisasi. Hal ini menuntut pengelola atau perusahaan rumah sakit kanker dharmais untuk siap bersaing. Pelaksanaan pelatihan pelayanan dokter pada Rumah Sakit Kanker Dharmaissudah berjalan sesuai dengan SOP.Rumah Sakit Kanker Dharmais telah menetapkan standar fasilitas Rumah Sakit dan pelayanan dokter yang baik, serta pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pasien pada Rumah Sakit Kanker Dharmais sangat berhubungan. Pelayanan yang baik merupakan penentu keberhasilan tingkat kepuasan pasien. Meski begitu, fasilitas yang lengkap tetap menjadi prioritas. Pelayanan dan fasilitas yang semakin baik akan berbanding lurus dengan kepuasan pasien, namun sebaliknya jika menurun maka akan berdampak pada jumlah pasien. Kualitas pelayanan dokter secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka saran yang diberikan adalah fasilitas rumah sakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Rumah sakit harus selalu meningkatkan fasilitas dari waktu ke waktu dan mengikuti perkembangan teknologi kedokteran terkini. RS Kanker Dharmais juga diharapkan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan dokter kepada pasien agar pasien tidak berpindah ke rumah sakit lain dan dapat meningkatkan jumlah pasien. Sebisa mungkin ciptakan suasana yang aman, nyaman, dan bersahabat bagi pasien sehingga pasien merasa dihargai dan dihormati.
Pengaruh Store Atmosphere Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian
Supardi, Supardi;
Maryanto, Maryanto
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (835.994 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.70
Penelitian dilakukan untuk mencari tahu dan menganalisis perihal yang menjadi pertimbangan atas keputusan pembelian oleh konsumen dalam suatu transaksi pembelian. Oleh karenanya, setiap konsumen akan mempunyai pertimbangan yang berbeda atas keputusannya untuk membeli sebuah produk. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menunjukan besarnya faktor-faktor yang memberi pengaruh pada keputusan untuk membeli oleh konsumen. Faktor tersebut diantaranya meliputi Store Atmosphere, harga dan tentu saja Lokasi took berada. Proses analisis data menggunakan metode Uji Regresi Linear Berganda yang memberikan hasil bahwa ada kontribusi sebesar 28,1% dari lokasi, harga, dan suasana toko yang berdampak terhadap keinginan untuk membeli konsumen. 71,9% sisanya menunjukkan bahwa faktor-faktor lain seperti persepsi pelanggan, gaya hidup, motivasi, dan kelas sosial memiliki pengaruh yang lebih besar.
Analisa Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank China Construction bank Indonesia TBK
Sumardi, Sumardi;
Anggraini, Yeyen
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (608.289 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.71
This journal aims to examine the effect of the variable quality of customer service on customer satisfaction. The research was conducted at the bank CCB KK LAGUNA PLUIT. Collection of this analysis by providing questionnaires to customers who come 150 samples. In this analysis, the service performed by Bank CCBI Laguna Pluit is to provide services by paying attention to accuracy, speed, friendliness, and speeding up queues so that they do not stagnate. Some of the customer service priorities are providing ATM machines that work with the Prima network with excess withdrawals and balance checks on the Prima network without being charged. Settlement of customer complaints quickly and precisely which in the end obtains very satisfying results by paying attention to CCBI bank services can maintain its customers until now. Companies must always improve and improve the quality of customer service provided so that customers who become will feel satisfied so that they will loyally use the products and services offered. This will have a positive impact in the future for the company.