Asuransi kesehatan adalah salah satu perlindungan finansial yang penting bagi masyarakat atas risiko kesehatan dimana membantu meringankan beban biaya pengobatan yang dapat terjadi di masa mendatang. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah salah satu lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan di Indonesia. Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ialah mitra dari BPJS Kesehatan yang membantu proses administrasi peserta, termasuk pembayaran iuran. Pada proses dari pembayaran iuran tersebut, pastinya terdapat kendala seperti banyak data yang tidak tercatat dikarenakan masih secara manual baik mengenai data diri maupun berapa tagihan yang dimiliki oleh peserta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi untuk penagihan iuran oleh Kader JKN dengan metode Human-Centered Design dan data untuk penelitian ini akan diambil melalui observasi dan kuisioner dan dirangkum ke dalam bentuk empathy map, user journey map, dan persona. Hasil dari penelitian ini berupa mockup yang diujikan kepada Kader JKN. Pada pengujian aspek efektivitas dengan menggunakan usability testing mendapatkan nilai sebesar 80%, sedangkan pada pengujian aspek efisiensi dengan menggunakan rumus timebased efficiency menghasilkan nilai efisiensi yaitu 0,095 goals/detik. Untuk pengujian aspek kepuasan pengguna dengan menggunakan system usabilitiy scale mendapatkan nilai 73 termasuk pada kategori adjective GOOD. Untuk pengujian keakuratan dari hasil akhir rata-rata SUS dihitung pada Confidence Interval dan mendapatkan hasil antara 64,3 sampai 81,7. Kata kunci: asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan, Kader JKN, penagihan iuran, human-centered design, system usability scale.
Copyrights © 2024