Fashohah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab
Vol 4 No 2 (2024)

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ONLINE METODE “SEBARKAN” PADA LEMBAGA KURSUS SAIN (SEKOLAH ISLAM ONLINE)

Ummu Sulaimah Saleh (Unknown)
Danial Hilmi (Unknown)
Evy Nur Rohmawaty (Unknown)
M Sholih Salimul Uqba (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan materi pembelajaran bahasa Arab online metode “Sebarkan” di lembaga kursus SAIN serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab online metode “Sebarkan” di lembaga kursus SAIN berfokus pada kajian Sharaf dan Nahwu serta Baca Kitab Kuning sebagai penerapan materinya. Sistem pembelajarannya dilaksanakan secara terstruktur dan terjadwal. Sedangkan materi pembelajaran yang disusun oleh pendiri dan tim lembaga kursus SAIN dinilai sudah lengkap dan sistematis. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran ini. Adapun solusi yang dapat peneliti tawarkan untuk mengatasi kekurangan tersebut adalah dengan mengadakan pertemuan online via Zoom atau Google Meet sesekali selama proses pembejaran dan mengadakan quiz sederhana di grup diskusi kelas. Kata kunci: Pembelajaran Online, Bahasa Arab, Metode Sebarkan, Kursus SAIN.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fashoha

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fashohah is a journal that publishes original papers researching in Arabic teaching and learning. It is published by the Department of Arabic Language Education, Universitas Islam Malang, Indonesia. This journal is indexed in Google Scholar. Since Volume 1, the journal has regularly published twice ...