Kompetensi guru merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu. Namun, masih ditemukan rendahnya kompetensi guru di Kabupaten Kulon Progo, khususnya pada jenjang SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru melalui program-program yang dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata–rata hasil UKG SMP di kabupaten Kulonprogo masih dibawah rata-rata nilai UKG DIY, yaitu 68,03. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo sudah mengimplementasikan beberapa program peningkatan kompetensi guru SMP seperti Bimtek MGMP, Diklat Pendidikan Inklusi, dan Bimtek Karya tulis. Faktor pendukung program tersebut adalah dukungan dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan kuota peserta, kurangnya motivasi guru, dan minimnya pendampingan serta tindak lanjut pasca dilaksanakannya program.
Copyrights © 2023